Ibu Perkasa Asal Indonesia, Ajak Balita Daki 15 Gunung

Rambutnya panjang sebahu, postur tubuhnya kecil, dan punya nyali besar. Bisa dibilang, wanita ini adalah salah satu sosok tangguh yang mampu menginspirasi para ibu di luar sana.

Adalah Nyoman Sakyarsih, seorang dokter hewan yang berhasil menarik perhatian khususnya di dunia maya lewat akun Instagram. Dia bukan seorang selebgram, dengan tampilan foto nyentrik bergaya trendi dari ujung kepala hingga kaki.



Namun, galeri digital yang ia tawarkan cukup membuat orang banyak iri terhadapnya. Ibu satu orang anak ini punya cara unik untuk membuat buah hatinya tumbuh besar. Sejak umur lima bulan, putra jagoannya bernama Max sudah asyik bermain-main di jalur pendakian. Setidak 15 puncak gunung dan bukit sudah ditapaki bocah kecil itu bersama ibunya, termasuk Puncak Gunung Rinjani yang ia daki sebelum usianya genap dua tahun.


Mengutip dari guratankaki.com, selama perjalanan mendaki, Nyoman selalu menemui banyak rintangan. Terlebih ketika trekking ke jalur yang rumit dengan kondisi ekstrem. Namun, hal itu bukan masalah baginya. Keceriaan dan senyum indah Max meruntuhkan rasa lelah yang dirasa selama peralanan.

“Ribet banget! Semakin besar usianya justru tantangan ribet di perjalanan semakin besar. Kalau dulu, bayi cuma tidur, minum susu, makan bubur, tidur lagi. Sekarang dia semakin merasa berhak trekking sendiri,” katanya.


Selama perjalanan mendaki, sesekali Max digendong oleh ibunya. Kadang dia juga berusaha mengerahkan seluruh tenaganya untuk mencapai puncak bukit. Bahkan dia pernah memaksa turun dari gendongan ibunya untuk berjalan sendiri.

“Max ga betah di dalam gendongan dan kerap memaksa turun,” tambahnya seperti dikutip guratankaki.com.

Memang aksi Nyoman ini terbilang ekstrem untuk ukuran seorang ibu yang mengajak balita bermain di alam lepas. Soal cibiran, itu sudah jadi makanannya sejak beberapa tahun lalu. Namun semuanya tidak berpangaruh besar baginya yang ingin meluangkan waktunya untuk si buah hati Max.

“Kalau mencibir, dulu sudah pernah dialami semua. Tapi sekarang sudah 15 kali, mereka mau bilang apa sih? Terserahlah, yang penting anakku bahagia,” ujarnya.

Karena ujian terbesar dari membawanya adalah bukanlah seberapa sulit menggendong atau seberapa berat mengatasi kemarahannya saat aku berkata tidak... Tapi saat dia menghentikan tangis dan jeritan, kembali kepelukanku dan tetap melangkah bersamaku betapapun sulit dan panasnya perjalanan ini Dan menjawab semua pernyataan kasihan untuknya krn telah menghadapi perjalanan melelahkan akupun hanya tersenyum krn sulit itu telah lama harus selalu kami lewati bahkan semenjak ia lahir, tidak ada satupun kebahagiaan bisa kunikmati tanpa dirinya bersamaku. Jika aku tak bisa menjamin dia bahagia, maka aku tak akan pernah melangkah kesini Tambora, 1nov 2015. Pendakian max ke 13 #pendakicantik #wanitagunung #parapejalan #mountainesia #gunungindonesia #exploregunung #pendakiindonesia #tambora #gunungtambora #tamboramountain #dompu #indonesiajuara #beautifulindonesia #instagunung
A photo posted by drh. nyomie n max (@nyomiez) on